7 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Buah anggur sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Buah berukuran kecil ini dapat dengan mudah dijumpai di supermarket ataupun pasar tradisional. Ada beragam jenis warna anggur yang kita kenal, mulai dari merah, hijau ataupun hitam.

Namun tahukah kamu Princess, di balik warnanya yang beranekaragam, banyak manfaat yang tersimpan dari buah anggur untuk kesehatan. Selain mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan, dalam buah anggur juga mengandung senyawa polifenol yang berfungsi memberi perlindungan bagi tubuh serta melawan radikal bebas. Tak hanya itu, buah anggur juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker. Berikut selengkapnya beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh seperti dilansir Medicalnewstoday.com :

1) Kanker
Buah anggur yang mengandung antioksidan kuat bernama polifenol dapat membantu atau memperlambat berbagai jenis kanker, termasuk paru-paru esofagus, mulut, faring, endometrium, pankreas dan prostat .
Kandungan polifenol jenis resveratol yang berada di bagian kulit buah anggur merah, selain berguna untuk kesehatan jantung, juga berguna untuk menjaga pembentukan dan penyebaran kanker.
2) Penyakit Jantung
Kandungan flavonoid dalam anggur juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh LDL (kolesterol jahat) serta mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri). Kandungan serat dan kalium dalam anggur juga mendukung kesehatan jantung.Mark Houston, MD, MS, Profesor Klinis Kedokteran di Vanderbilt Medical School dan Director Hypertension Institute di Rumah Sakit St Thomas, Tennessee, menyebut dalam satu studi, mereka yang mengkonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki 49% lebih rendah risiko kematian dari penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang kalium (1000 mg per hari).
3). Tekanan darah tinggi
Buah anggur kaya akan kandungan flavonoid yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Buah anggur juga memiliki kandungan kalium yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
Menurut studi, salah satu fungsi kalium yakni membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.
4) Sembelit
Makan makanan yang memiliki kadar air yang tinggi seperti anggur, semangka dan melon dapat membantu untuk membuat kamu tetap terjaga dari dehidrasi dan melancarkan buang air besar. Anggur juga mengandung serat, yang sangat penting untuk meminimalkan sembelit.
5) Alergi
Buah anggur merupakan salah satu makanan anti inflamasi. Inflamasi atau radang adalah respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi.
Mengkonsumsi buah anggur dapat membantu meringankan gejala alergi termasuk pilek, mata berair dan gatal-gatal.
6) Diabetes
Sebuah studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi anggur, blueberry, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Buah anggur termasuk buah yang tinggi kandungan antioksidannya. Sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes
7). Jerawat
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal dermatologi menyebut bahwa kandungan reveratol yakni senyawa yang berasal dari anggur merah menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat.

Nah sekarang, sudah tahu kan bagimana manfaat dan khasiat buah anggur princess. Selain bermanfaat untuk memenuhi nutrisi, juga mencegah berbagai macam penyakit. Jadi jangan lewatkan untuk mengkonsumsi buah kecil dan rasanya manis ini yaa.